Lamalera

Pesawat perintis baling baling ATR yang membawa kami dari Kupang, berputar sebentar di atas pulau Lembata, sebelum turun di bandara Wunopito , yang terletak tepat di tepi pantai. Saya kira, kami adalah satu satunya penerbangan yang datang dan pergi ke Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur. Suasana lapangan terbang sangat sepi, dan hiruk pikuk keramaian mendadak sirna begitu kami dan penumpang lainnya meninggalkan bandara ini.
Dengan menyewa Truk Mitsubishi T 120 yang dimodifikasi bagian belakangnya untuk tempat duduk penumpang, kami menuju ibukota Kabupaten yakni Lewoleba. Perjalanan menuju Lamalera belum dimulai. Truk masih harus mengisi bahan bakar.
Apa yang saya baca di beberapa referensi dan majalah sebelumnya ternyata benar. Perjalanan menuju desa nelayan itu sangat jauh. Melewati pegunungan di tengah Pulau. Lamalera memang terletak di sisi balik Lewoleba.
Hutan, jurang , perkebunan jagung , belukar menjadi pemandangan dikiri kanan. Truk harus perlahan berjalan terombang ambing karena jalanan buruk yang kadang hanya tanah keras dan batu batuan. Untung saat ini bukan dalam musim hujan.

Kadang kami melewati beberapa desa dengan jalanan aspal, sebelum kembali memasuki jalanan buruk. Setelah hampir 4 jam, truk tiba di Lamalera. Desa Nelayan yang hanya dihuni sekitar 3000 orang ini terletak di sebuah teluk di lereng kaki bukit yang menjorok ke laut.
β€œ Baleo , Baleo β€œ demikian suara teriakan warga ketika melihat ikan paus di laut lepas. Suara bersambung bersahut sahutan. Anak anak kecil dan warga berlarian ke pantai. Sementara para awak paledang – kapal pemburu paus – bergegas mengeluarkan kapalnya dari garasi beratap jerami tepat di bibir pantai.

Tradisi menangkap ikan paus bagi warga Lamalera sudah turun temurun sejak ratusan tahun lalu. Selain paus mereka juga memburu ikan pari , manta dan lumba lumba. Ketika bangsa portugis datang menyebarkan agama Katolik, tradisi ini sudah dijumpai disana. Perburuan ikan paus disana bukan merupakan industri dan hanya untuk konsumsi sehari hari. Jadi jika sudah cukup, mereka tidak akan memburu paus yang lewat.
Kegiatan mereka dikategorikan aboriginal whaling, seperti suku suku Eskimo atau beberapa suku Indian Kanada atau Russia. Bahkan disini lebih primitif karena tidak menggunakan boat atau senapan harpun.
Paus yang diburu hanya jenis sperm whale yang panjangnya berkisar 12 – 20 meter dan sering muncul di perairan Lembata.

Umumnya sepanjang tahun mereka bisa saja berburu, seperti ketika kami datang akhir maret, mereka baru saja menangkap seekor paus beberapa hari yang lalu. Sehingga sisa sisa daging fillet yang dijemur masih ditemui sepanjang pantai. Namun secara resmi musim berburu dimulai dengan ritual pada tanggal 1 Mei, dimana para tetua adat melakukan upacara di gunung gunung dan melakukan arak arakan menuju desa nelayan Lamalera. Babi dipotong untuk melengkapi pesta ini.
Pada tanggal 2 Mei dilakukan misa arwah di kapel Santo Petrus yang mungil di tepi pantai. Pastor mendoakan arwah arwah Lamafa – para pemburu paus yang tewas dari jaman dulu. Nama nama sanak saudara disebutkan , bahkan mereka yang tewas sejak seratus tahun yang lalu.

Isak tangis memenuhi atmosphere malam misa kudus. Kenangan akan ayah, paman, kakak, atau adik mereka yang meninggal dunia.
Pastur juga memberkati kapal paledang dan Johnson, yang akan digunakan dalam perburuan. Paledang adalah kapal yang digunakan untuk mengejar paus, berisi 12 – 14 awak pendayung, 1 orang juru tikam – Lamafa – dan 1 orang pemandu.
Sedangkan Johnson berupa kapal berukuran lebih kecil, dengan mesin boat. Karena dulu banyak menggunakan mesin bermerk β€˜ Johnson β€˜ maka hingga kini tetap di sebut Johnson, walau mesin tempel yang dipakai bermerk β€˜ Yanmar β€˜ atau merk lain.
Johnson biasanya digunakan sebagai kapal yang membayang bayangi Paledang dari kejauhan. Bisa menjadi kapal emergency jika terjadi sesuatu dengan paledang. Kapal Johnson tidak mendekati paus.

Setelah misa, para penduduk membuat kapal kapal miniatur yang diisi oleh lilin kemudian di larung ke laut lepas. Suasana benar mengharukan ketika Pastur berjalan ketepi pantai bersama para warga. Beberapa merapal doa doa sambil menatap lilin lilin yang terombang ambing gelombang sampai di kejauhan.

Perburuan paus di Lamalera memakai sistem giliran, setiap waktu berganti ganti paledang yang melaut. Ada sekitar 15 marga / keluarga di Lamalera yang masing masing memiliki Paledang yang diberi nama sendiri sendiri.
Hari ini jatah diberikan kepada Paledang β€œ Karunia Ilahi β€œ
Para awak kapal mendayung sekuat tenaga menuju sasaran sambil menyanyikan Hilibe , teriakan pembakar semangat.
Juru pandu atau asisten Lamafa memberi aba aba kepada lamafa untuk bersiap siap dengan tombaknya. Untuk berburu ikan paus menggunakan tombak yang berbeda dengan yang digunakan untuk ikan pari atau manta.

Pertempuran laut adalah perjuangan hidup dan mati. Juru tikam atau Lamafa meloncat dengan mengenggam erat tombak yang terhunus. Dengan segenap daya dan kekuatan ia menghujamkan tombak di ikan paus.
Hewan yang kesakitan ini akan meronta dan mengibaskan ekornya. Banyak kasus kematian misalnya Lamafa tertimpa hempasan ekor paus yang berat, atau dia terbelit tali yang menempel di tombak dan dibawa paus ke dasar laut.
Jika paus mengamuk bisa membalikan paledang dan seluruh isi kapalnya.

Setelah menancapkan tombak, lamafa akan berenang menuju paledang dan mengambil tombak lainnya. Ia kembali melompat dan menancapkan ke punggung paus. Selanjutnya perjuangan antara Paus yang meronta ronta dengan Paledang yang menahannya. Jika dibutuhkan, dan paus terlalu kuat, maka paledang paledang lain akan datang membantu.
Begitu paus menyerah maka seluruh awak kapal berteriak β€˜ Hirkae β€˜ dan paus ditarik ke pantai. Selama perjalanan menuju pantai , Lamafa terus menghujamkan pisau atau parangnya ke badan paus yang tergeret di sisi kapal. Ini untuk membuat paus cepat mati karena kehabisan darah. Cairan merah muda memenuhi laut yang biru pekat.
Memang terlihat kejam. Tapi mereka para nelayan Lamalera membutuhkan untuk hidup. Hari ini Saul, sang Lamafa mengenakan kalung rosario – kalung suci salib bagai lambang penghormatan terhadap Bunda Maria – yang dipercaya akan melindunginya dalam tugasnya.

Daging paus memiliki nilai yang tinggi bagi masyarakat Lamalera. Ada sistem sosial yang dipatuhi oleh seluruh masyarakat,bahwa daging paus harus di bagi ke seluruh penduduk desa. Jadi tidak hanya mereka yang menangkapnya.
Pola pembagiannya adalah. Ikan dibagi menjadi 3 potongan besar, yang akan menjadi jatah tuan tanah, awak perahu dan suku pemilik perahu.
Tuan tanah adalah sesepuh , tetua adat dan penduduk asli Lamalera mendapat jatah kepala ikan. Sisanya perut dan ekor untuk golongan lainnya. Tahap selanjutnya masing masing potongan dibagi lagi sesuai kontribusi dan peran masing masing orang dalam proses perburuan. Setelah itu ,mereka lalu akan membaginya kepada sanak saudara atau tetangga disebelah rumahnya tanpa kecuali.
Selain daging, masyarakat Lamalera memanfaatkan minyak paus untuk bahan bakar lampu. Mengingat listrik masih menjadi sesuatu yang langka di desa ini. Umumnya listrik menyala setelah jam 6 sore, itupun terbatas.
Di atas pegunungan ada desa yang dinamakan Wulandoni, disana setiap hari Sabtu sering dilakukan pasar barter. Banyak pendatang membawa barang barang seperti jagung, pisang sampai bahan bahan kebutuhan rumah tangga yang ditukarkan dengan daging paus.

Masyarakat Lamalera percaya dengan lautan yang menjaganya. Mereka menganggap sakral perburuan ini. Mereka menghormati teluk yang terhampar di depannya. Pembuatan kapal paledang juga harus memenuhi persyaratan tertentu. Seperti jenis kayu yang dipakai, dan pantangan menggunakan paku untuk merapatkan antar bagian.
Sebagai pencinta laut dan isinya, saya memang tidak tega melihat β€˜ pembantaian β€˜ disini. Saya sempat melihat seekor lumba lumba tertangkap dan saya menolak melihat atau memotretnya dipotong potong di pantai.
Kami tahu ini tradisi yang membuat mereka bisa bertahan hidup selama ratusan tahun, bahkan lebih. Kita harus menghormati pilihan mereka, karena perburuan ini hanya untuk hidup, bukan industri.

Sampai hari terakhir kami di Lamalera, kami melihat tradisi yang selalu terjaga. Anak anak kecil berebutan memakan mentah mentah mata ikan terbang yang biasa ditangkap nelayan. Katanya ini akan membuat mata mereka tajam, yang berguna untuk melihat ikan paus dikejauhan.
Sebuah cita cita menjadi lamafa sejak usia anak anak. Untuk menjadi pemburu paus sejati yang tidak pernah takut. Tidak juga kepada laut atau paus, Seperti yang tertulis di dinding ruang tamu milik Bapak Abel Bading, pemilik kios β€˜ Felmina’ .
β€œ Setinggi langit di atas bumi, besarnya kasih setiaNya kepada orang orang yang takut akan Dia β€œ

Share

  1. 19 May 2023 02:01:14

    vicksfabs

    vicksfabs

    black metallic dress harga high heels oakland as bucket hats 7am limited junior seau womens jersey san diego chargers 55 home navy blue nfl youth dallas cowboys jacket jordans mid air 1 noir

  2. 20 May 2023 04:11:49

    caspigas

    caspigas

    workout plus shoes noirshoes jordan 13nike kevin durant 10 white blueadidas superstar oro stripe nike air presto black tech fleecenike kd 6 svart and oransjeair max 90 mujer verdejordan 12 sort and hvid and guld nba finals 2019 hatlos angeles dodgers s…

  3. 24 May 2023 16:58:17

    bazibood

    bazibood

    breastfeeding shirts plus sizegymnastics mom shirtmini blouse dressbig and tall sleeveless shirts jordan 12 negro amarillonew jordan 3air jordan 4 fusion laser cool grigio violanike sb stefan janoski max noir friday samsung galaxy a52 spigenvuitton van…

  4. 25 May 2023 10:57:32

    fletsaccess

    fletsaccess

    wholesale new era toronto blue jays black and gold wedding dress plus size jayson tatum jersey mens mediumfinals t shirtmitchell ness bulls shortsmaryland soccer sweatshirt h m button dress s9 plus clear case grey soccer uniforms for cheap

  5. 29 May 2023 09:16:59

    hairulafiz

    hairulafiz

    workout plus shoes noirshoes jordan 13nike kevin durant 10 white blueadidas superstar oro stripe nike air presto black tech fleecenike kd 6 svart and oransjeair max 90 mujer verdejordan 12 sort and hvid and guld nba finals 2019 hatlos angeles dodgers s…

  6. 30 May 2023 15:33:56

    contiendas

    contiendas

    workout plus shoes noirshoes jordan 13nike kevin durant 10 white blueadidas superstar oro stripe nike air presto black tech fleecenike kd 6 svart and oransjeair max 90 mujer verdejordan 12 sort and hvid and guld nba finals 2019 hatlos angeles dodgers s…

  7. 31 May 2023 02:36:52

    mahmudtarek

    mahmudtarek

    pandora chevron ringpandora c3pofairytale ring pandorapandora reflexions mesh choker necklace zimmermann edie embroidery dress nike free run 2 nero bianca maschioadidas ultra boost white blue shoesnike huarache ultra black pink shoesreebok insta pump f…

  8. 3 June 2023 03:14:55

    malvernbadminton

    malvernbadminton

    boston red sox hat toddler kitchen houston astros nike mlb pro sport specialties snapback cap gown for children nike legend 2.0 mens long sleeve shirt mens under armour hovr running shoes

  9. 5 July 2023 22:10:15

    lacarspotting

    lacarspotting

    calgary flames retro hat billigkansas city royals 2014 world series hat 30fox racing flexfit hat keymiami dolphins nike hat nike shox slidesnike roshe run purple and orangezoom kobe 2 noirnike sunray protect 2 8c usa world cup apparel for cheapnike swi…

  10. 6 July 2023 12:11:05

    transorgs

    transorgs

    kobe ix bhmhoka bondi 7 all blackasics gel kayanofemmes dual fusion blanc christian louboutin just nodo 85 red sole sandalslouboutin mens sneakers spikesmatching red bottoms for him and herchristian louboutin pink suede pumps air jordan 9 kvinner all s…

  11. 8 July 2023 17:53:39

    filigrania

    filigrania

    burberry metallic handbagmini bowling bag burberryburberry bag flannelsburberry freya bag mens shoes alexander mcqueennike kobe venomenon 5 whitewhite orange nike pg 1adidas originals rivalry low lebron adidas jersey for cheapchelsea kit 1990 for cheap…

  12. 8 July 2023 21:44:02

    tyvano

    tyvano

    mlb jerseys minnesota twins 53 blackburn cream cool base jerseys predator freak ag dolphins beanie hat zions national monument photos adidas white soccer jersey pandora deer charm red matt ryan mens jersey nfl atlanta falcons 2 game drift fashion jerse…

  13. 10 July 2023 02:58:59

    makersfinds

    makersfinds

    party wear near meloft bird tiered dressmoroccan house dressh m palm print dress moncler tatiemoncler gebroulazmoncler tweed jacketmoncler white body warmer kobe bryant adidas 1micro wobble board slippers blancuk blue shoes nike air max 90 ultra 20yell…

  14. 15 July 2023 02:28:01

    mirkurortov

    mirkurortov

    wowsun sunglassescheap oakley golf sunglassesdiscount womens oakley sunglassesoakley radarlock path asian fit green white nike air max flair aaron rodgers autographed football for cheap pandora autumn collection 2020ear cuff pandorapandora vintage fasc…

  15. 18 July 2023 05:03:50

    cyberverge

    cyberverge

    white roll neck knit mini dress blazer pro gtjordan retro 11 bianca varsity rossonike air max goadome 2013low top air force ones noir michael kors peyton blackmichael kors jet set shoulder baggeorgie gem crossbodycoach continental zip wallet ed hardy l…

  16. 19 July 2023 00:32:36

    sacreddread

    sacreddread

    moncler lenar lace bridesmaid dresses short

  17. 22 July 2023 23:15:36

    cpsmath

    cpsmath

    olive green t shirt dressladies fleece bodywarmercropped white blouse short sleevelong sleeve black zip up top 1908 red sox jersey for cheap nike seattle mariners jersey for cheap nike free socfyl sd blancnike 95 rednike sb dunk alle rotbhm jordans 202…

  18. 1 August 2023 15:15:42

    cepsarf

    cepsarf

    patriots nike gear dallas cowboys 92 jerseyknicks 75th anniversary shirttyrann mathieu youth chiefs jerseylakers uniform tonight nike huarache wheat nike air max 1 grey wolf reebok carlsberg liverpool

  19. 7 August 2023 11:35:38

    slowcicle

    slowcicle

    eddie george ohio state jersey mens alphaboost jordan jumpman air pro snapback cap for cheap 2 piece boho wedding dress garnet hill linen dress

  20. 13 August 2023 16:52:40

    alyadance

    alyadance

    nfl service hoodie2003 all star kobe jerseydominik hasek shirtdennis rodman jersey white historical away kits for cheap lfc kids tracksuit for cheap cleveland browns jersey reveal full net gownvictorian lawn dressapostolic clothing companyblue floral s…

  21. 22 August 2023 15:18:25

    moltenmama

    moltenmama

    toronto blue jays hat new era hatsboston red sox 2004 championship hat gamestexas rangers postseason hat 65infant jordan winter hats mens lilly pulitzer hollie tunic dress couple wedding dress on rentpuma dresses on salegood dresses to wear to a weddin…

  22. 19 October 2023 00:27:24

    evecalls

    evecalls

    kobe 9 premium low ray ban state street large mothers day tiffany jewelry karen millen white dress north face lenado jacket jordan 5 raging bull 10.5

  23. 23 October 2023 08:41:05

    theassetedge

    theassetedge

    dr martens molly pink iridescent g54009 adidas ronaldo jersey and shorts for cheap argento pandora bracelet follies strass 85mm mens white henley long sleeve

  24. 28 October 2023 18:16:37

    execedits

    execedits

    adidas messi 16.1 white and red cheap saddle shoes pandora rose goldyou are loved bracelet pandorapandora murano glass sea turtle charmpandora sleeping beauty adidas zx 500 og azul amarillo halogen wrap dress deondre francois jersey for cheap

  25. 14 November 2023 17:42:22

    chargefirst

    chargefirst

    nike air more uptempo royal bleunike free run 3 azul mujeresnike sb svart jumperjordan schuhe vi daniel jones giants jersey for cheapliverpool fc clothing for cheapnba lakers lebron james for cheapjersey jets for cheap jersey home tottenham for cheap s…

  26. 17 November 2023 05:42:38

    biosavons

    biosavons

    rockies 4th of july hat for cheapla rams snapback billigtoddler knit hat ear flaps pattern librarynew york mets championship hat 55 nike air max oketo zalandoslip on adidas barngs exclusive air jordan 4nike zoom hyperfuse xdr amarillo negro

Latest

About

Dunia Laut berisi kumpulan cerita dan foto-foto tentang kekayaan alam hayati lautan Indonesia.

Blog ini dikelola oleh Iman Brotoseno, PADI Dive Instructor.

© Dunia Laut. Design by Muhammad Zamroni.